Susi dan Menteri Edhy Perang Data Soal Benih Lobster

  • Whatsapp
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

INDOPOLITIKA-COM – Perang antara Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dengan mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti tentang ekspor benih lobster belum selesai. Susi menentang keras keran benih losbter kembali dibuka.

Saat menjabat, ia sempat mengeluarkan Peraturan Menteri Nonor 56 Tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting dan Rajungan dari Indonesia. Namun saat ini Permen tersebut direvisi oleh Menteri KKP, Edhy Prabowo.

Berita Lainnya

Kini Susi membeberkan data mengenai tren grafik ekspor lobster dewasa pasca dilarangnya ekspor benih. Kondisi yang sebaliknya justru dialami Vietnam. Negara yang selama ini jadi penampung benih dari Indonesia.

Susi juga memamerkan, kalau ekspor lobster Vietnam mengalami penurunan.

Dalam grafik tersebut, ekspor lobster Indonesia pada tahun 2016 tercatat sebesar 14,84 juta dollar AS. Naik cukup drastis dibandingkan tahun 2015 yang membukukan nilai ekspor 7,09 juta dollar AS.

Volume ekspor lobster Indonesia dua tahun berturut-turut berikutnya juga mengalami lonjakan. Tahun 2017 Indonesia mengirim lobster ke luar negeri sebesar 17,31 juta dollar AS, berikutnya naik menjadi 28,45 juta dollar AS di 2018.

Sementara Vietnam, ekspor losbternya justru anjlok. Tahun 2015, negara tetangga ini mencatatkan ekspor losbter sebesar 11,35 juta dollar AS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *