Susi Pudjiastuti: Jangan Sampai Lobster Hilang dari Laut Indonesia, Yuk Simak Lagi Videonya

  • Whatsapp
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Pudji Astuti, saat melepaskan Lobster bertelur di Pulau Sahi. Foto: Instagram Susi Pudjiastuti

INDOPOLITIKA.COM – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dikenal sangat tegas soal larangan ekspor benih lobster ke Vietnam atau negara lainya. Pasalnya, tidak hanya nelayan yang rugi, tetapi juga pemerintah.

Disamping itu, eksploitasi benih lobster secara massif akan membuat lobster ini bisa punah dalam beberapa tahun kedepan. Jelas dampaknya, nelayan akan sangat nelangsa. Karenanya, dia sangat berharap benih lobster tidak diambil tapi dibiarkan bebas dan diambil ketika sudah besar.

BACA JUGA:

Karena dengan begitu, harganya bisa berlipat ganda ketimbang harga benihnya yang tidak seberapa. Itulah yang dikatakan Susi selama menjadi Menteri Kelautan. Dan videonya tersebut kembali diunggah akun @Aryprasetyo85. “Ibu @susipudjiastuti menjelaskan kenapa membuat ‘Peraturan Menteri (PERMEN) No. 56/PERMEN-KP/2016 TENTANG LARANGAN PENANGKAPAN BENIH LOBSTER PERMEN’. Ini melarang utk ditangkap lobster yang dibawah 200gram karena kita ingin memastikan lobster itu tetap tambah byk,’ jelas dia menyertakan keteangan video yang menampilkan Susi Pudjiastuti.

Dalam video ini, Susi menjelaskan lobster mutiara kalau beratnya sudah 8 ons ke atas, harganya itu bisa mencapai Rp 4 juta lebih. Bahkan pada saat hari Raya Natal atau Tahun Baru China bahkan bisa lebih dari Rp 5 juta.

“Yang kecil-kecil saja, minimal sudah ratusan ribu sudah harganya. Bukan cuma pemerintah yang rugi, rakyat sendiri yang rugi para nelayan. Nelayan-nelayan sendiri yang rugi, karena benur yang harusnya menjadi lobster, habis diambil,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *