Susun Soal Tes CPNS 2019, Kemendikbud Gandeng 22 Perguruan Tinggi

  • Whatsapp
Didik Suhardi

INDOPOLITIKA.COM – Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi mengatakan pihaknya melibatkan 22 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam penyusunan soal tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

“Kita libatkan 22 perguruan tinggi, tentu dipertimbangkan juga kewilayahan, berdasarkan itu soal yang sudah jadi kami serahkan ke Kemenpan RB. Jadi Kemenpan RB bersama BKN yang akan menyimpan kemudian menggunakan pada saat CPNS,” ujar Didik di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Baca Juga:

Didik menambahkan soal-soal itu akan menjadi tiga bagian diantaranya adalah tes wawasan kebangsaan, tes karakteristik pribadi, dan tes intelegensi umum.

“Kami dari Kemendikbud akan segera mengundang beberapa perguruan tinggi untuk menyepakati rumpun keilmuan supaya membantu panitia, review, verifikator di kementerian masing-masing yang melaksanakan seleksi,” kata Didik.

Sebagai informasi, Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka pada 11 November mendatang. Namun seleksi Kompentensi Dasarnya (SKD) baru akan dilakukan pada awal Februari 2020.

Secara rinci, pendaftaran CPNS 2019 akan berlangsung selama 14 hari. Artinya pendaftaran akan dilakukan dari tanggal 11 November sampai tanggal 25 November.

Setelah itu pada tanggal 16 Desember 2019 akan diumumkan hasil seleksi administrasinya. Setelah itu, dari tanggal 16 hingga 19 Desember Panselnas akan memberikan waktu sanggah kepada para peserta yang keberatan akan hasil seleksi administrasi.

Kemudian akan dilakukan Seleksi Kompetensi Dasar pada awal Februari 2020. Namun tidak menutup kemungkinan SKD akan dilakukan pada pertengahan Januari tergantung kesiapan dari Kementerian dan Lembaga yang bersangkutan. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *