Internasional

Swiss Minta Rusia Hentikan Aktivitas Spionase

Bendera Swiss berkibar di sebuah area kota pelabuhan . (Foto: AFP Photo / Fabrice Coffrini)

Bern: Pemerintah Swiss memanggil Duta Besar Rusia Sergei Garmonin untuk memprotes dugaan adanya aktivitas spionase yang dilakukan agen Negeri Beruang Merah di negaranya.

Pemanggilan terkait dengan dua agen Rusia yang sempat ditangkap di Belanda karena berusaha meretas sebuah laboratorium milik Swiss. Kedua orang itu ditangkap awal tahun ini, dan sudah diusir dari Belanda.

Baca: Kasus Novichok, Belanda Usir Dua 'Mata-Mata Rusia'

Laboratorium bernama Labour Spiez itu merupakan tempat pengujian gas syaraf Novichok yang digunakan dalam menyerang mantan agen Rusia Sergei Skripal dan putrinya, Yulia, di Inggris pada Maret lalu.

Dubes Garmonin dipanggil ke Kementerian Luar Negeri Swiss untuk menerima protes resmi. Swiss menyebut telah memanggil sang dubes dan wakilnya sebanyak tiga kali sejak musim semi.

"Kami menuntut agar Rusia segera menghentikan kegiatan spionase di wilayah kami," ucap Kemenlu Swiss, seperti disitir dari Financial Times, Minggu 16 September 2018.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar Rusia menolak berkomentar mengenai apakah Garmonin telah dipanggil dan diajak berdiskusi dengan Kemenlu Swiss. 

Namun dalam sebuah tulisan di Facebook, Moskow menggambarkan laporan terbaru di media Swiss sebagai "serangan tak berdasar terhadap Rusia."

"Artikel edisi Minggu tentang diplomat Rusia di Swiss tidak memiliki fakta, dengan mengutip dokumen rahasia yang tidak pernah dilihat dan kemungkinan juga tidak pernah ditulis," ungkap Kedubes Rusia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close