Tabayyun ke MUI, UAS: Saya  Menjawab Pertanyaan, Bukan Tema Kajian

  • Whatsapp
Ustad Abdul Somad memenuhi undangan MUI dalam rangka tabayyun soal ceramahnya yang dianggap menista agama lain. UAS datang Rabu (21/8/2019)

INDOPOLITIKA – Ustad Abdul Somad (UAS) sore ini memenuhi panggilan Majelis Ulama Indonesia (MUI). UAS tiba di kantor MUI di Jakarta Pusat, sekitar pukul 15.40 WIB.

MUI memanggil UAS untuk memberikan klarifikasinya atau tabayyun terkait video ceramah tiga tahun lalu yang diduga berisi unsur penistaan agama.

Baca Juga:

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid menjelaskan, dengan mengundang UAS, pihaknya ingin menggali informasi untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan.

“Maka kami perlu ber-tabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan,” ujarnya di kantor pusat MUI, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

Zainut menambahkan, MUI ingin memposisikan diri sebagai mediator atau penengah dalam menyelesaikan masalah ini. MUI juga berharap masalah itu segera diselesaikan secara cepat.

Saat memberikan klarifisasi, UAS menegaskan, dirinya tidak bermaksud untuk menyinggung agama lain. UAS berharap jangan sampai masyarakat terprovokasi atas video yang viral di media sosial itu. Dirinya hanya menjawab pertanyaan jemaah bukan sengaja membuat tema kajian untuk menyinggung agama lain. “Itu adalah menjawab pertanyaan bukan tema kajian,” tegas UAS,.

Jawaban itu, lanjut UAS, adalah murni memberikan pemahaman kepada umat Islam tentang akidah, bukan menjawab tentang perbandingan agama.

“Saya sedang menjelaskan akidah, keyakinan seorang muslim. Bagaimana dalam Islam diajarkan Innal malaikata, sesungguhnya malaikat la tadkhulul buyut, tidak masuk ke dalam rumah, fiha tamasil, kalau di dalam rumah itu ada patung, mengapa malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah yang ada patung, karena di antara tempat-tempat tinggal jin adalah patung,” papar Uas. (DMS)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *