Tagline Pasangan Isdianto-Suryani (INSANI) di Pilkada Kepri Ingatkan Publik Pada HM Sani

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) semakin mengerucut pada tiga pasangan calon (Paslon). Ketiganya kian ramai dalam pemberitaan, dari mulai koalisi pengusung hingga ‘jualan’ tagline yang tak kalah meramaikan kenduri demokrasi di provinsi berjuluk Bunda Tanah Melayu ini.

Paslon Soerya Respationo-Iman Sutiawan misalnya yang mengusung tagline SINERGI singkatan Soerya-Iman Energi Kepri. Paslon yang muncul paling awal ini bakal diusung oleh Partai Gerindra, PKB dan PDIP (masih menunggu rekomendasi dari DPP PDIP). Paslon kedua yang muncul adalah Ansar Ahmad-Marlin Agustina dengan mengusung tagline AMAN yang artinya Ansar-Marlin Amanah Negeri. Paslon ini diusung oleh Partai Golkar dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Paslon ini juga masih menunggu surat rekomendasi dari DPP Partai NasDem.

Berita Lainnya

Paslon yang paling anyar muncul adalah Isdianto-Suryani. Duet ini mengusung tagline INSANI yang merupakan singkatan dari kedua nama kandidat, Isdianto-Suryani. Paslon ini diusung oleh Partai Hanura dan PKS dengan kemungkinan masih akan mendapat dukungan dari partai Demokrat, PAN dan PPP.

Tagline yang digunakan pada Pilkada ditujukan sebagai upaya untuk membangun personal branding kandidat. Demikian disampaikan oleh pengamat politik Kepri, Indira Nainggolan. Menurutnya, pada Pilkada Kepri kali, tagline dibuat untuk membangun branding kandidat sehingga mampu menciptakan respon emosional dan menciptakan ikatan yang kuat.

“Pilkada sendiri saya kira menjadi proses politik yang membutuhkan partisipasi politik pemilih atau konstituen. Pada konteks ini, perilaku pemilih juga bisa dipengaruhi personal branding, positioning dan public relation. Apa yang disuguhkan para kandidat di Pilkada Kepri nampaknya juga tengah menyasar pemilih militan dengan basis masing-masing, selain juga menyasar masyarakat secara luas,” ungkap Indira saat dijumpai di kawasan Nagoya, Batam, Sabtu (25/07).

Lebih lanjut, lulusan UGM ini juga menyebut warna yang digunakan juga akan memberikan efek pada pemilih. Misalnya Paslon Soerya-Iman yang didominasi warna merah, kemudian Ansar-Marlin dengan warga kuning yang mendominasi dan Isdianto-Suryani dengan warna kuning kunyit, biru, dan hitam.

“Ini bisa juga menggambarkan representasi warna partai masing-masing pengusung. Jadi memang cukup menarik kalau kita cermati tagline yang diusung ini. Ketiganya seolah mencerminkan karakteristik kandidat selain juga karakteristik partai pengusung. Ini saya kira bakal menjadi laga pertarungan ide dan gagasan tentang bagaimana kawasan Maritim ini akan dibangun,” pungkasnya.

Sementara itu Koordinator Relawan Isdianto Kepri Ustadz Rionaldi saat ditanya makna INSANI memberikan tafsir cukup panjang. Menurutnya INSANI berarti kemanusiaan, kepedulian atas hal-hal yang manusiawi, memanusiakan manusia, seperti halnya sila kemanusiaan dalam Pancasila yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

“INSANI juga adalah akronim dari dua nama pemimpin kita yaitu Isdianto dan Suryani serta pengingat akan pemimpin sebelumnya yang arif, bijaksana dan berjasa memajukan Kepri yaitu Almarhum Bapak H Muhammad Sani,” paparnya. (IND)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *