Tahun 2021, Pencapaian Produksi Ikan di Kabupaten Tangerang Meningkat Drastis

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang mencatat capaian produksi ikan di sektor budidaya dan tangkapan pada tahun 2021 mencapai 41.946 ton. Foto/Samsul

INDOPOLITIKA.COM – Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang mencatat capaian produksi ikan di sektor budidaya dan tangkapan pada tahun 2021 mencapai 41.946 ton.

Angka tersebut, dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jaenudin meningkat dibandingkan tahun 2019 dan 2020 yang tidak mencapai 40 ribu ton.

“Perikanan budidaya ikan tawar 20.915,58 ton dan perikanan tangkap ikan laut 21.030,67 ton, dengan total 41.946,25 ton. Sementara di tahun sebelumnya tidak mencapai 40 ribu ton,” kata Jaenudin, pada Rabu (10/8/2022).

Lanjut Jaenudin, capaian sebesar 41.946 ton pada produksi perikanan di Kabupaten Tangerang itu, ditopang oleh hasil kelompok budidaya peternak ikan. Baik dari tambak, kolam hingga perikanan tangkap.

“Memang capaian itu hasil dari kelompok budidaya ikan yang tersebar di wilayah Kabupaten Tangerang. Tetapi ada juga dari hasil tangkapan,” katanya.

Meski capaian produksi telah mencapai 41 ribu ton, ikan yang dihasilkan masih belum bisa menutupi kebutuhan pasar atau kebutuhan konsumsi masyarakat Kabupaten Tangerang terhadap ikan, baik tawar ataupun laut.

“Angka ini masih belum menutupi kebutuhan pangan di Kabupaten Tangerang. Itupun baru menutupi 35 persen dari kebutuhan,” ungkap Jaenudin

Pihaknya pun, terus menggaungkan edukasi untuk masyarakat agar gemar memakan ikan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

“Mengonsumsi ikan merupakan salah satu upaya untuk mencegah stunting, serta mencukupi kandungan gizi ibu hamil sehingga nantinya akan lahir bayi yang sehat, kuat dan cerdas,” pungkasnya.

Selain itu, kata Jaenudin, bahwa masyarakat yang memiliki skil dalam budidaya ikan, sebaiknya untuk turut andil dalam pembudidayaan ikan. Lantaran hal itupun bisa meningkatkan perekonomian, mengingat kebutuhan pasar cukup besar. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.