Taiwan Serahkan Bantuan Rp4,3 M untuk Korban Gempa Lombok

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan korban Gempa Lombok oleh Kepala Perwakilan Dagang Taiwan untuk Indonesia John Chen (Foto: Harianty).

Jakarta: Kepala Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia (TETO) John Chen menyerahkan bantuan sebesar Rp3,6 miliar untuk para korban gempa Lombok. Bantuan diberikan lewat Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta.
 
Selain itu, para pengusaha Taiwan juga turut memberikan bantuan kepada korban gempa Lombok, sebesar Rp750 juta. Mereka berharap bantuan tersebut dapat membantu para korban.
 
"Presiden Tsai Ing Wen mengucapkan dalam Twitter-nya, saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas bencana gempa bumi di Lombok, Indonesia. Taiwan bersedia untuk membantu teman Indonesia kami melalui masa sulit," kata John Chen, di markas pusat PMI, Jakarta, Selasa 21 Agustus 2018.
 
Selain itu, TETO dan PMI juga bekerja sama membeli dua buah mobil ambulans, membangun satu klinik, menyediakan perlengkapan medis, serta membeli satu truk tangki air dan menyediakan 10 tangki air. "Semoga bantuan ini dapat membantu para korban kembali menjalani kehidupan normal," tukasnya.
 
Chen menambahkan, Taiwan selalu hadir membantu Indonesia dalam menghadapi bencana besar, seperti tsunami Aceh pada 2004 dan letusan Gunung Merapi di Yogyakarta pada 2010.
 
Ketua Pelaksana Tugas Harian PMI Ginanjar Kartasasmita menyatakan terima kasih atas bantuan dari Taiwan. Dia menyatakan Lombok butuh waktu untuk pulih.
 
"Situasi di Lombok butuh waktu untuk pulih, mereka harus bersiap untuk kemungkinan terjadi bencana kembali, jadi mereka bisa menyiapkan diri," kata Ginanjar.
 
"PMI sedang kerjakan sekarang ada evakuasi, penyediaan pengobatan, makanan dan suplai air bersih, membangun tenda dan shelter sementara," imbuh dia.
 
Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dampak gempa Lombok yang dihitung mulai kejadian gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) pada Minggu 29 Agustus mengakibatkan 515 jiwa korban meninggal sebanyak 7.145 orang luka-luka, 431.416 jiwa mengungsi, 88.743 unit rumah rusak. Sementara, ada 798 fasilitas umum dan sosial yang terdampak gempa bumi Lombok itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *