Internasional

Tak Ada Bukti Baru, Keluarga Korban MH370 Marah Besar

Keluarga berharap pencarian MH370 terus dilakukan. (Foto: AFP).

Kuala Lumpur: Para penyelidik mengungkapkan tidak ada bukti baru dan penemuan mengenai jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Pernyataan tersebut memicu kemarahan dan kekecewaan sanak keluarga korban yang ada di pesawat tersebut.

Dilansir dari laman The Star, Senin 30 Juli 2018, laporan resmi menunjukkan rute pesawat Malaysia Airlines diubah secara manual. Tim investigasi menolak mengesampingkan kemungkinan ada orang lain selain pilot yang mengubah rute pesawat.

Namun usai bertahun-tahun dicari, pesawat yang hilang pada Maret 2014 itu masih belum jelas keberadaannya. Dalam laporan resmi yang dirilis, tidak ada hal konkret apa pun untuk keluarga korban yang berduka.

"Tim tidak dapat menentukan penyebab sebenernya mengenai hilangnya MH370," demikian kesimpulan laporan yang terdiri dari 400 halaman tersebut. Mereka mengaku tidak dapat menemukan rongsokan pesawat mau pun kotak hitam.

Kerabat yang menunggu di Kementerian Transportasi di ibu kota administratif Putrajaya marah karena tidak ada yang baru dalam dokumen tersebut. Orang-orang keluar dengan marah usai dikumpulkan dalam ruangan kementerian tersebut.

"Ini sangat mengecewakan," ujar Intan Maizura Othman. "Saya frustasi karena tidak ada yang baru dalam laporan mereka," tukas istri dari pramugara MH370 tersebut.

Dia mengatakan pertemuan antara kerabat dan pejabat menjadi seperti pertarungan. Menurut kerabat korban yang lain, laporan dan tanggapan dari pihak berwenang tidak memuaskan sehingga banyak orang marah.

Pesawat Malaysia Airlines menghilang pada Maret 2014 dengan 239 orang – sebagian besar dari Tiongkok – dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Beredar sejumlah teori mengenai hilangnya pesawat, mulai dari kecelakaan hingga pembajakan atau plot teror.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close