Tak Ada Harapan Ke Senayan, Gugatan PBB Fokus ke Daerah

  • Whatsapp
Partai Bulan Bintang (ist)

Meskipun Yusril Ihza Mahendra kembali turun gunung untuk meloloskan Partai Bulan Bintang ke Senayan, pada pemilu legislatif 2019 anak kandung Masyumi ini tidak bisa berbicara banyak, bahkan tak sampai angka satu persen atau sebesar 1.009.848 suara (0,79 persen) merosot dari pileg 2014 sebesar 1,8 juta suara (1,46 persen).

Kegagalan berdasarkan hasil rekapitulasi tidak membuat PBB menyerah begitu saja, partai ini menjadi salah satu partai yang menempuh jalur konstitusi dengan mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berita Lainnya

Berdasarkan gugatan PBB sebanyak 20 permohonan ke MK untuk tingkat DPRD Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota demi mencari keadilan atas hilangnya perolehan suara partainya tersebut. Cara ini ditempuh agar kursi-kursi wakil rakyat ditingkatkan daerah masih bisa diamankan.

Dilayangkannya gugatan sengketa hasil pemilu ke MK, menurut Ketua Bidang Pemenang Sukmo Harsono merupakan pembuktian bahwa PBB merupakan partai yang tertib dalam memperjuangkan hak dan keadilan. Sukmo pun menyatakan bahwa pihaknya optimistis menangkan gugatan di MK yang akan diputuskan pada Agustus nanti guna memperjuangkan 20 kursi yang dianggapnya merupakan hak calon legislatif (caleg) PBB. (TRA)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *