Tak Ingin Bernasib Seperti India, Airlangga Ajak Masyarakat Terus Patuhi Prokes

  • Whatsapp
Pemerintah Segera Rampungkan Peraturan Pelaksanaan UU Cipta Kerja
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

INDOPOLITIKA.COM – Lonjakan pandemi Covid-19 di India saat ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi Indonesia untuk selalu waspada dan mengedepankan langkah-langkah antisipatif dalam menangani penyebaran virus Corona.

Untuk itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengajak masyarakat Indonesia untuk terus mematuhi protokol kesehatan.

Berita Lainnya

“Terutama dalam mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, serta sedapat mungkin agar menghindari kerumunan dan jangan sampai kendor,” kata Airlangga, Senin (10/5/2021).

Dengan adanya momen Idul Fitri, mobilitas warga akan lebih padat dari biasanya, sehingga aturan peniadaan mudik menjadi langkah yang tepat untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

Dengan demikian, Kunci pencegahan penyebaran wabah pandemi global Coronavirus (Covid-19) adalah dengan terus mendorong kepatuhan masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Untuk diketahui, hingga saat ini, India sedang menghadapi gelombang besar kedua pandemi Covid-19 yang lebih berat dibandingkan gelombang pertama.

Sejak awal masa pandemi, India telah melaporkan 21.49 juta kasus dan 234.083 kematian, yang menjadikan kasus Covid-19 India sebagai peringkat kedua setelah Amerika Serikat (AS).

Kini terdapat 3.6 juta kasus aktif di India dan bahkan dalam sepekan terakhir, telah dilaporkan tambahan 1.57 juta kasus baru dan lonjakan tinggi jumlah kematian harian.

Gelombang kedua pandemi tak terelakkan dengan munculnya varian yang berasal dari mutasi ganda Covid-19 dan membuat situasi tereskalasi dengan cepat.

Tenaga kesehatan di India berjuang di garis depan untuk menangani lonjakan jumlah pasien. Di sisi lain, alat medis, ventilator, dan tabung oksigen untuk pasien pun juga sangat terbatas ketersediaannya. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *