Tak Kunjung Umumkam Mafia Minyak Goreng, MAKI Bakal Gugat Praperadilan Mendag Lutfi

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memantau pasar/dok/kemendag

INDOPOLITIKA.COM – Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) akan mengajukan gugatan praperadilan terhadap Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi. Gugatan bakal diajukan karena Mendag Lutfi hingga kini tak kunjung mengumumkan nama mafia minyak goreng.

Sebelumnya, Menteri Lutfi sepekan lalu berjanji akan mengumumkan nama-nama terduga mafia yang menjadi biang kerok kelangkaan dan memicu kenaikan harga minyak goreng.

Bacaan Lainnya

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menegaskan, Mendag Lutfi punya kewenangan melakukan penyidikan dugaan adanya mafia migor yang menyelewengkan komoditas subsidi itu ke industri dan ke luar negeri.

“Nah, sebenarnya menteri perdagangan punya kewenangan untuk melakukan penyidikan atas tindak pidana perlindungan konsumen yaitu berkaitan dengan minyak goreng curah dijadikan kemasan dan dijual keluar negeri atau dijual harga mahal. Dan juga tindak pidana perdagangan yaitu berkaitan penimbunan-penimbunan. Nah, dan mendag juga punya penyidik PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil-red) bahkan 73 orang jumlahnya, mestinya mampu melakukan penegakan hukum tersendiri,” ucap Boyamin dikutip dari KBR, Senin, (28/3/2022).

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman menambahkan, dengan dukungan puluhan PPNS, Mendag Lutfi bisa mengungkap tersangka mafia mogor tanpa bantuan aparat kepolisian. Karena Lutfi belum juga menyampaikan nama tersangka, maka ia menganggap hal itu sebagai bentuk penghentian penyidikan yang tidak sah dan melawan hukum.

MAKI berencana melayangkan gugatan praperadilan itu pada Selasa, 29 Maret 2022, sekitar pukul 14.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya No 24, Gunung Sahari Selatan, Jakarta Pusat. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.