Tak Pasti Kapan Usai, Satgas: Siapkan 3 Hal Ini untuk Berdampingan dengan Covid-19

  • Whatsapp
Salah seorang warga tengah divaksin di Kota Tangerang.

INDOPOLITIKA.COM – Hingga kini belum ada perkiraan pasti kapan pandemi COVID-19 akan berakhir, Satgas COVID-19 memastikan masyarakat Indonesia harus bersiap hidup berdampingan dengan Corona.

Kasubbid Tracing Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Koesmedi Priharto menyebut belum ada orang, kelompok, atau negara yang mampu secara keilmuan memprediksi berakhirnya penularan virus SARS-Cov-2.

Berita Lainnya

“Beberapa negara yang sudah tadinya melepas lockdown, akhirnya kembali lagi pada lockdown, maka sudah sewajarnya lah diri kita mempersiapkan diri hidup berdampingan dengan COVID-19, seperti pada waktu dulu ada flu spanyol yang ada di RI juga yang sampai dengan 100 tahun,” kata Spesialis Orthopedi dan Traumatologi itu saat diskusi daring yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Kamis,(29/7/2021)

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta itu mengatakan ada beberapa syarat perlu dipenuhi dari rencana hidup berdampingan dengan Covid-19.

Pertama, kata Koesmedi, masyarakat bisa menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga daya tahan tubuh tetap baik.

“Virus kalau masuk itu lewatnya hidung, mulut, dan mata. Kalau masuk tubuh, kalau daya tahan tubuh jelek, virus berkembang dan orang sakit. Kalau virus tidak berkembang, daya tahan kuat, orang tetap sehat. Itu penting,” ujar dia.

Syarat selanjutnya, kata dia, masyarakat bisa melaksanakan vaksinasi sebelum memutuskan berdampingan dengan Covid-19.

“Vaksinasi upaya meningkatkan daya tahan tubuh ketika dia (virus, red) masuk jadi tidak berkembang,” ungkap dia.

Berikutnya, kata Koesmedi, syarat ketiga, masyarakat bisa disiplin menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Kalau dipahami dengan baik, itu bisa membuat kita berdampingan dengan Covid-19,” tutur dia. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *