Tak Seperti NasDem, PKS Siap Power Full Kontrol Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

  • Whatsapp
Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman saat safari politik di kantor DPP PKS pada Rabu (30/10/2019).

INDOPOLITIKA.COM- Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan partainya akan menjalani fungsi pengawasan pemerintahan di DPR lepas, bebas, tanpa beban. Bahkan bisa full power.

Berbeda dengan anggota DPR dari partai yang menempatkan kader atau bahkan ketua umum partainya di pemerintahan sebagai menteri atau pun pejabat tinggi lainnya, tentunya dalam mengawasi pemerintahan tidak mungkin bisa tampil lepas, tanpa beban.

Baca Juga:

“Berbeda dengan anggota DPR yang ada fungsionarisnya di kabinet, mereka tidak akan bertindak seperti kami PKS yang tidak ada di kabinet,” kata Sohibul saat menerima kunjungan Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Sohibul menjelaskan, Partai NasDem jika bersikap kritis tentu tetap akan pada kesadaran penuh bahwa mereka juga adalah bagian dari koalisi pemerintahan.

“Kalaupun nanti Bang Surya (Paloh) dan para kadernya kritis atas pemerintahan, saya kira tetap pada kesadaran NasDem ada di dalam pemerintahan, tentu berbeda dengan kritiknya PKS,” ujarnya.

Sohibul menjelaskan, dalam sistem presidensial, rakyat memberi mandat kepada dua pihak yang berbeda. Pertama, untuk menjalankan pemerintahan lewat pilpres kepada presiden. Kedua, lewat pileg kepada anggota DPR untuk mengontrol pemerintahan.

“Jadi hakikatnya semua yang di DPR itu penyeimbang pemerintah,” tandasnya.

Kedatangan Paloh ke Kantor DPP PKS disambut langsung Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al Jufri, Wakil Ketua Majelis Syuro Hidayat Nur Wahid, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Suharna Surapranata, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Sekjen Mustafa Kamal dan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Sementara Paloh didampingi Sekjen Partai NasDem yang juga Menkominfo Johnny G Plate, Ketua DPP Partai NasDem yang juga Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel, Wakil Ketua MPRLestari Moerdijat.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *