Takut Virus Corona, AS Segera Evakuasi Warganya dari Kota Wuhan China

  • Whatsapp
Salah satu jalan yang diblokir polisi untuk membatasi orang yang meninggalkan Wuhan di Provinsi Hubei Tengah China. Kondisinya pada 25 Januari 2020, nampak sepi. (Foto: AFP / Hector RETAMAL)

INDOPOLITIKA.COM – Amerika Serikat mulai mempersiapkan pesawat charter untuk segera mengevakuasi warganya dari Kota Wuhan, China, Minggu (26/1/2020).

Berdasarkan laporan Wall Street Journal, Sabtu (25/1/2020), pesawat itu akan diisi setidaknya sekitar 230 orang, yang akan membawa diplomat dari konsulat AS serta warga AS dan keluarga mereka.

Baca juga:

“Washington diberikan persetujuan untuk mengevakuasi warganya oleh Kementerian Luar Negeri China dan lembaga pemerintah lainnya setelah negosiasi dalam beberapa hari terakhir,” tulis surat kabar itu.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar AS di Beijing mengatakan bahwa pada hari Kamis (23/1/2020), Departemen Luar Negeri telah memerintahkan keberangkatan anggota keluarga dan semua pegawai pemerintah AS di konsulatnya di Wuhan.

“Keputusan untuk memindahkan staf dan keluarga konsulat AS adalah karena merebaknya virus corona, dan adanya kendala untuk mengirimkan logistik karena transportasi yang terbatas,  serta pihak rumah sakit di Kota Wuhan kewalahan,” kata juru bicara itu dalam pernyataan tertulis yang disampaikan ke Reuters.[asa]

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *