Internasional

Taliban Bunuh 37 Prajurit dan Pejuang Pro Afghanistan

Sebuah mobil polisi yang terbakar dalam sebuah serangan Taliban di Ghazni, Afghanistan, 16 Agustus 2018. (Foto: AFP/ZAKERIA HASHIMI)

Kabul: Setidaknya 37 prajurit Afghanistan dan pejuang pro-pemerintah tewas dalam beberapa serangan terpisah yang dilakukan kelompok militan Taliban.

Mohammad Yusouf Ayubi, kepala dewan di provinsi Kunduz, mengatakan setidaknya 13 personel keamanan tewas dalam serangan di pos pemeriksaan distrik Dashti Archi. Serangan juga membuat 15 lainnya terluka.

Baku tembak dimulai sejak Minggu dan berlanjut hingga Senin 10 September 2018.

Sementara di provinsi Jawzjan, Kepala Polisi Provinsi Jenderal Faqir Mohammad Jawzjani mengatakan Taliban melancarkan serangan di distrik Khamyab dari berbagai arah. Pasukan Afghanistan terpaksa mundur.

"Terjadi pertempuran sengit dan kami tidak ingin rumah warga hancur, atau ada korban jiwa dari masyarakat sipil," kata Jawzjani, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Dia mengatakan setidaknya delapan polisi tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan di Khamyab.

Tujuh militan Taliban juga tewas dan lainnya orang terluka dalam pertempuran tersebut.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Kunduz dan Jawzjan. Namun ia tidak mengklaim serangan di provinsi Samangan, yang menewaskan 14 polisi serta milisi pro pemerintah.

Taliban juga tidak mengklaim serangan yang terjadi di provinsi Sari Pul.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close