Tanggapi Diamnya Airlangga Saat Positif Covid-19, Istana: Kalau Menteri, Cukup Beberapa Orang yang Tahu

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Istana merespon beragam kritikan publik terkait sikap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang tidak mengumumkan ke publik saat dirinya terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan, seorang menteri tidak perlu membeberkan informasi saat dirinya ketika terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar ini hanya cukup diberi tahu kepada segelintir pihak yang terkait.

Berita Lainnya

“Kalau terjadi (positif COVID-19) di menteri, ya cukup beberapa orang yang tahu. Setelah itu, ada langkah-langkah, tindakan kesehatan yang harus dijalankan. Agar apa? Agar semua hal yang berkaitan dengan tracing itu bisa berjalan,” kata Moeldoko di kantornya, Rabu (20/1/2021).

Lagipula, kata Moeldoko, jajaran kabinet di pemerintahan Presiden Jokowi mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan membatasi jumlah orang dalam pekerjaannya.

“Kami-kami ini, yang ada di kabinet, sangat tahu persis ruang lingkup pekerjaan kami seperti apa, berkomunikasi dengan siapa, dan seterusnya. Yang jelas, dalam konteks COVID-19 ini tidak pernah masuk dalam area publik yang sangat besar. Itu karena kita semua juga membatasi,” jelas dia.

Hal ini, berbeda dengan kasus positif virus corona yang mendera sejumlah tokoh publik, yang biasanya bertemu dengan masyarakat luas. Jika tokoh tersebut tertular COVID-19, maka yang bersangkutan harus mengumumkan kondisinya.

“Berbeda kalau konteksnya ada sesorang yg karena berada di tengah-tengah masa yang sangat luas dan sulit dikontrol, maka ini apa harus diketahui dengan baik,” ujar dia.

Sebelumnya Airlangga memang pernah dikabarkan positif Covid-19 tahun lalu. Namun, ia tidak pernah diumumkan secara resmi kepada publik.

Publik kemudian mengetahui Airlangga kedapatan mendonasikan plasma konvalesen di Jakarta pada Senin (18/1/2021). Seperti diketahui plasma konvalesen umumnya diambil dari orang yang pernah menderita atau penyintas Covid-19 sebagai donor.

Setelah ramai diberbincangan publik, pihak Kemenko Bidang Perekonomian akhirnya mengumumkan bahwa Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pernah positif terpapar Covid-19 pada 2020.

Kabar tersebut disampaikan Juru Bicara Kemenko Bidang Perekonomian Alia Karenina pada Selasa (19/1/2021). [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *