Politik

Tanggapi Pemindahan Kembali Setnov, ICW Yakin Bakal Plesiran Lagi

"Saya yakin ada potensi nakal kembali kalau reformasi struktural tidak dilakukan, revolusi mentalnya nggak jalan lembaga pemasyarakatan,"

JAKARTA, INDOPOLITIKA – Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto (Setnov) telah dipindahkan kembali dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM). Indonesia Corruption Watch (ICW) memprediksi Setya Novanto bakal pelesiran lagi.

“Saya yakin ada potensi nakal kembali kalau reformasi struktural tidak dilakukan, revolusi mentalnya nggak jalan lembaga pemasyarakatan,” kata peneliti ICW Donal Fariz di Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019).

 

Donal mengatakan kasus narapidana yang kerap ke luar lapas itu bukan hal yang tabu. Menurutnya, banyak kasus, seperti kasus Novanto, tapi tidak direspons lebih oleh Kemenkum HAM.

“Saya pikir ini bukan kasus pertama, ini kasus berulang tapi responsnya nggak struktural, hanya kasuistis. Saya jamin ini akan berulang lagi kalau reformasi struktural di permasyarakatnya itu nggak dilakukan,” katanya.

Seperti diketahui, Kemenkum HAM telah memindahkan kembali Novanto dari Lapas Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin. Alasan pemindahan itu, kondisi fisik Novanto yang mengaku tak bisa tidur di lapas teroris dan penggguna narkotika.

Novanto dipindahkan ke Gunung Sindur karena kepergok pelesiran di toko bangunan mewah di Padalarang, Jawa Barat. Akibat ulahnya, Novanto dihukum menghuni Rutan Gunung Sindur. (DB)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
Close