Tangsel Komitmen Wujudkan Kesetaraan Gender, Pilar: Mudah-mudahan APE Tahun Ini Dapat Kategori Mentor

Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan/ist

INDOPOLITIKA.COM – Kota Tangerang Selatan menunjukan komitmen nyata dalam wujudkan kesetaraan gender. Salah satunya ditujukan dengan lahirnya Perda tentang pengarus utamaan gender yaitu Perda Nomor 2 tahun 2018. Selain itu, juga ada kebijakan yang tertuang dalam RPJMD.

Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan dalam arahanya dalam kegiatan pengumpulan, pengolahan analisis dan penyajian data gender dan anak dalam kelembagaan data di tingkat daerah Kabupaten/Kota dalam persiapan menyambut Anugerah Parahita Ekapraya (APE) mengatakan, setidaknya ada tujuh komponen kunci yang harus dilakukan dalam kelembagaan pengarus utamaan gender.

Bacaan Lainnya

Pertama, kata Pilar, soal komitmen. Dan Pemkot Tangsel sudah menuangkan itu dalam Perda.

“Kelembagaan sudah memiliki tim Pokja pengarus utamaan gender, SDM dan anggaran, data atau sistem informasi, metode serta peran serta masyarakat,” papar Pilar.

Komitmen Pemerintah Kota Tangerang Selatan terhadap kesetaraan gender menjadi fokus pemerintahan Benyamin-Pilar. Hal itu dibuktikan dengan beberapa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya untuk Kota Tangsel.

“Tahun 2014 kategori madya, lalu dari 2016 sampai 2022, Alhamdulillah kita di kategori utama,” ujar Pilar.

Untuk di tahun 2022, Pilar berharap bisa meraih ke kategori mentor. Karena potensi untuk meraih ke sana sangat mungkin.

“Karena memang Tangsel ini karakteristiknya sudah sangat berbeda dengan Kota/Kabupaten lainnya di Indonesia, mudah-mudahan di Tahun 2022 kita mendapatkan kategori mentor,” harap Pilar.

Untuk itu diperlukan komitmen, koordinasi dan integrasi dalam setiap program kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak di berbagai sektor pembangunan.

“Dan ini harus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan,” pungkas pilar.

Sementara, Kepala Dinas drg.Khairati mengatakan kegiatan ini dalam rangka persiapan untuk koordinasi antar lembaga maupun OPD untuk menyambut penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

Dimana penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen atas peran para pemimpin daerah dalam mewujudkan keadilan atau kesetaraan gender melalui strategi pengarus utamaan gender.

“Alhamdulillah Indeks Pembangunan Gender di Tangsel selalu naik terakhir 93,80 persen dan indeks pemberdayaan gender berada di 73,08 persen” tutupnya. [Adv]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.