Tangsel Masih Zona Merah, PSBB Tangerang Raya Kembali Diperpanjang Sebulan

  • Whatsapp
Petugas gabungan tengah melakukan pengecekan kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Tangsel dalam rangka pemberlakuan PSBB.

INDOPOLITIKA.COM – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Tangerang Raya resmi diperpanjang kembali. Hal ini dikarenakan dua wilayah di Tangerang yakni Kota dan Kabupaten Tangerang hingga saat ini masuk zona orange. Sedangkan Kota Tangerang Selatan masih masuk zona merah.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan, Pemkot Tangsel mengacu pada keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang berwenang menentukan kelanjutan status PSBB se-provinsi. Dia merujuk Gubernur Banten, Wahidin Halim yang diketahui telah memutuskan perpanjangan PSBB di Tangsel.

Berita Lainnya

“Perpanjangan ini dilakukan karena masih ditemukannya kasus penyebaraan Covid-19 di seluruh wilayah Banten, sehingga perlu dilakukannya penetapan perpanjangan di semua kabupaten/kota yang ada di Banten,” kata Wali Kota Tangsel, Airin, Rabu (21/10/2020).

Dengan adanya perpanjangan PSBB hingga sebulan ke depan, Airin berharap masyarakat bisa lebih disiplin dalam penggunaan masker saat keluar rumah maupun di dalam rumah. Hal itu untuk menghapus adanya anggapan new normal yang malah dianggap sudah normal sehingga menimbulkan pelanggaran terhadap protokol kesehatan.

Airin mengajak masyarakat Tangsel mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M dengan benar, mulai menggunakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak. Selain itu, juga 3 K, yaitu berada di kamar atau ruang terbuka dengan sirkulasi udara atau berventilasi, menghindari kerumunan, kontak dengan durasi yang tidak lama. Kesemuanya diharapkan bisa menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pemerintah Kota Tangsel mengajak masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menerapkan 3 M sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat Tangsel,” ucap Airin.

Sebelumnya, Gubernur Banten, Wahidin Halim melalui Surat Keputusan yang ditandatangani pada Rabu (21/10), status PSBB di wilayah Tangerang Raya, termasuk Kota Tangsel diperpanjang hingga satu bulan ke depan atau 19 November 2020.

“Dilaksanakan selama satu bulan sejak tanggal 21 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 19 November 2020, dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran Covid 19,” bunyi Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.241-Huk/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Tahap Kedua PSBB di Provinsi Banten.

Dalam surat tersebut, Gubernur Wahidin juga menegaskan untuk penerapan check point diatur oleh pemerintah daerah setempat. [rif]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *