Internasional

Tanpa Beritahu Presiden, Menteri Lingkungan Prancis Mengundurkan Diri

Nicolas Hulot mengundurkan diri dari jabatan Menteri Lingkungan Prancis. (Foto: CNN)

Paris: Menteri Lingkungan Prancis Nicolas Hulot mengundurkan diri. Namun, pengunduran diri ini diumumkannya lewat siaran radio, tanpa memberitahu Presiden Emmanuel Macron terlebih dahulu.

"Saya mengambil keputusan untuk meninggalkan pemerintah. Saya merasa 'sendirian' di isu-isu lingkungan dalam pemerintahan ini," kata Hulot, dikutip dari AFP, Selasa 28 Agustus 2018.

Mantan wartawan berusia 62 tahun ini menjadi menteri kabinet Macron sejak tahun lalu. Kabarnya, Hulot sering berbeda pendapat dengan rekan-rekannya sesama menteri.

"Kami mengambil langkah-langkah kecil, dan Prancis memang melakukan lebih dari negara lain. Tapi apakah langkah kecil ini cukup?" lanjut dia.

Dalam siaran radio tersebut, ia mengaku belum memberitahu Macron maupun Perdana Menteri Edouard Philippe tentang pengunduran dirinya.

"Ini keputusan yang jujur dan bertanggung jawab," tutur dia lagi.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Benjamin Griveaux mengatakan bahwa Hulot tak memiliki sopan santun karena tak memberitahu presiden dan PM terlebih dahulu.

Griveaux mengklaim, Hulot juga tak melakukan revolusi lingkungan dalam satu tahun jabatannya. Padahal, banyak isu lingkungan di Prancis yang perlu mendapat perhatian, terutama soal pemanasan global dan perubahan iklim. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close