Internasional

Target Nilai Perdagangan RI-Selandia Baru Mencapai Rp36,4 T

Juru bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir (tengah) dalam jumpa pers mingguan. (Foto: Medcom.id/ Marcheilla Ariesta(.

Jakarta: Memperingati hubungan Indonesia dan Selandia Baru ke-60, Wakil Perdana Menteri Winston Peters akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Berbagai isu akan dibahas dalam pertemuan keduanya, namun berfokus pada perkuatan kerja sama ekonomi.

"Tujuan pertemuan ini untuk melakukan pertemuan joint ministrial commission meeting yang ke-8. Isu yang menjadi fokus, antara lain pendekatan kerja sama ekonomi, upaya kerja sama pembangunan, pendidikan, maritim dan kemitraan komprehensif," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir saat jumpa pers di Kemenlu, Jakarta, Kamis 4 Oktober 2018.

Arrmanatha menuturkan keduanya akan membahas upaya mencapai target perdagangan hingga USD2,4 miliar atau sekitar Rp36,4 triliun hingga 2024. Sedangkan di bidang pembangunan, kedua negara telah melakukan komitmen bersama sejak 2016 hingga 2022.

Awal tahun ini, Presiden Joko Widodo mengunjungi Selandia Baru dan bertemu Perdana Menteri Jachinda Ardern. Keduanya sepakat untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Selandia Baru menjadi kemitraan komprehensif. 

Selain itu, upaya meningkatkan diplomasi di wilayah Pasifik juga disampaikan Presiden Jokowi kala itu. Karenanya, isu Indo-Pasifik juga akan menjadi salah satu bahasan lain, bersama dengan isu global lainnya.

Indonesia dan Selandia Baru telah memiliki hubungan diplomatik sejak 60 tahun lalu. Pada 2017, perdagangan Indonesia-Selandia Baru mencapai USD1,18 miliar. 

Arrmanatha melaporkan jumlah warga negara Indonesia yang berada di Selandia Baru mencapai 5.500 jiwa, termasuk 1.220 pelajar. Sementara itu, jumlah wisatawan Selandia Baru yang ke Indonesia pada 2017 tercatat sebanyak 106.914 orang.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close