Tegalluar, Walini, Majalengka Bakal Jadi Ibukota Baru Jabar

  • Whatsapp
Kota Majalengka

INDOPOLITIKA – Gubernur Jwa Barat berencana memindahkan ibukota Jawa Barat. Pemindahan itu dikatakannya, sedang dalam kajian setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD Jabar pada rapat paripurna.

“Tengah dikaji dulu rencananya di beberapa lokasi. Kajiannya dilakukan enam bulan ke depan,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (29/8).

Baca Juga:

Soal penilaian wilayah yang bakal ditunjuk sebagai Ibu Kota provinsi di antaranya mempertimbangkan tingkat risiko bencana, aksesibilitas, tingkat ekonomi, hingga ketersediaan air.

Pria yang karib disapa Emil ini mengatakan sejauh ini ada tiga wilayah yang bisa dipilih untuk merealisasikan rencana tersebut. Yakni, Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat atau di wilayah Kabupaten Majalengka.

Meski belum secara eksplisit menjelaskan alasannya, namun ketiga wilayah itu memang diproyeksikan sebagai pusat pengembangan ekonomi baru. Untuk Tegalluar dan Walini, merupakan wilayah yang dilalaui Kereta Cepat Bandung-Jakarta.

Sedangkan Majalengka, ditargetkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang melingkupi kawasan Cirebon dan Patimban. Apalagi di Majalengka sudah dibangun bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan akan dikembangkan Aero City. “Sementara tiga tempat itu (yang dipertimbangkan),” kata Emil.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *