Telepon Jokowi, PM India Siap Kirim Bantuan ke Sulteng

  • Whatsapp
Korban jiwa gempa Palu mencapai 1.234 jiwa. (Foto: AFP)

New Delhi: Perdana Menteri India Narendra Modi menelepon Presiden RI Joko Widodo untuk berbelasungkawa atas bencana tsunami dan gempa yang menimpa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Dilansir dari India Times, Selasa 2 Oktober 2018, Modi langsung menawarkan bantuan kepada Jokowi. Modi juga menyatakan, India siap mengirimkan bantuan apapun yang diperlukan Indonesia.

Baca Juga:

"India menawarkan semua bantuan yang diperlukan Indonesia. India siap mengirimkan kapan pun Indonesia membutuhkan," sebut pernyataan resmi dari Kantor Perdana Menteri.

Baca: Menelepon Jokowi, Raja Salman Ungkapkan Belasungkawa

Modi dan Jokowi juga sepakat bahwa bantuan yang akan dikirimkan akan difasilitasi lewat jalur resmi dan jalur diplomatik.

Sejak hari pertama gempa pada Jumat 28 September 2018, penawaran bantuan telah disampaikan beberapa negara sahabat.

Mereka menyampaikan kesiapan memberi bantuan, baik dalam pencarian dan penyelamatan, rehabilitasi, maupun mengatasi kekurangan yang ada.

Baca: Inggris Siapkan Rp39,2 M untuk Korban Gempa Sulteng

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala kini mencapai 1.234 jiwa. 

Sementara itu, jumlah korban luka berat 799 orang dirawat di rumah sakit, korban hilang 99 orang, dan jumlah pengungsi sebanyak 61.867. Pengungsi tersebut tersebar di 109 titik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *