Internasional

Tembakan Roket Hantam Kabul, Pertempuran Berlangsung

Pasukan Afghanistan melakukan penjagaan di Kabul (Foto: AFP).

Kabul: Setidaknya sembilan roket menghantam wilayah diplomatik di Ibu Kota Afghanistan, Kabul pada Selasa 21 Agustus pagi waktu setempat.
 
Pejabat keamanan setempat mengatakan bahwa pertempuran terjadi antara pasukan keamanan dengan kelompok militan. Pertempuran itu terjadi di wilayah kota tua Kabul.
 
Seorang jurnalis AFP melihat helikopter dan asap hitam di atas Masjid Eidgah di Distrik Reka Khana. Petugas keamanan dalam jumlah besar juga tampak di dekat Stadion Kabul.
 
"Pagi ini kelompok teroris merebut bangunan di Reka Khana dan melepaskan tembakan beberapa roket di Kabul," ujar Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Najib Danish, seperti dikutip AFP, Selasa 21 Agustus 2018.
 
"Dua orang terluka dalam kejadian ini. Pihak keamanan masoh melawan teroris," jelasnya.
 
Tidak diketahui siapa kelompok militan yang melakukan penyerangan. Pertempuran ini sendiri berlangsung usai Pemerintah Afghanistan sepakat untuk melakukan gencantan senjata selama Iduladha dengan kelompok Taliban.
 
Baca juga: Afghanistan dan Taliban Sepakat Gencatan Senjata pada Iduladha.
 
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada Minggu mengumumkan gencatan senjata dengan gerilyawan Taliban yang dimulai Senin. Presiden Ghani pun meminta Taliban menjaga dan menghormatinya.
 
Seorang pejabat senior di kantor presiden mengatakan gencatan senjata 'bersyarat' akan berlangsung selama tiga bulan. Idulfitri merupakan hari raya kurban Islam tahunan, secara resmi dimulai pada Selasa.
 
Menurut pernyataan yang diperoleh NBC News, Sabtu, Taliban mengatakan perdamaian di Afghanistan tidak akan tercapai selama Amerika menduduki negara tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close