Pemerintahan

Temui Presiden Jokowi, Ketua Komite Olimpiade Palestina Apresiasi Dukungan Publik Indonesia

Menlu Retno Marsudi menjawab wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi menerima Ketua Olimpiade Palestina, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/8) pagi. (Foto: OJI/Humas)

Ketua Komite Olimpiade Palestina, Jibril Mahmoud Muhammad Rajoub, menyampaikan apresiasinya atas tanggapan yang diberikan publik Indonesia pada kontingen Palestina, baik saat Upacara Pembukaan Asian Games XVIII tahun 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8) lalu. Maupun saat tim Palestina bertanding.

“Beliau juga menyampaikan terima kasih bahwa delegasi kontingennya sudah di-treat secara baik oleh Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ketua Komite Olimpiade Palestina itu, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/8) pagi.

Dalam kesempatan itu, menurut Menlu, Jibril Mahmoud juga menyampaikan pesan Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengenai masalah situasi di Palestina saat ini, dan menyampaikan penghargaan yang tinggi atas konsistensi dukungan Indonesia kepada rakyat Palestina.

“Presiden Abbas berharap agar Indonesia terus dapat membantu perjuangan Palestina, membawa isu Palestina ini kemanapun Indonesia pergi karena mereka sangat memantau dari dekat kemanapun Indonesia pergi maka isu Palestina ini terus dibawakan oleh Indonesia,” terang Menlu.

Menlu juga menyampaikan, bahwa kontingen Palestina di Asian Games 2018 tidak hanya terdiri dari orang-orang Fatah, tetapi juga Hamas. “Di situlah kemudian olahraga ternyata dapat mempersatukan perbedaan dan ini merupakan satu momentum yang sangat bagus yang dapat digunakan untuk terus mempersatukan Palestina,” ujarnya.

Menurut Menlu, Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya persatuan dalam perjuangan rakyat Palestina. Presiden menjelaskan,  bahwa pesan Asian Games 2018 ini selain perhelatan olahraga hendaknya juga dijadikan tempat untuk  menyemai persahabatan dan perdamaian.

“Presiden tadi menyampaikan, Asian  Games ini hendaknya juga dapat menjadikan energi baru bagi perjuangan bangsa Palestina dan energi persatuan diantara pihak-pihak yang ada di Palestina. Jadi energi untuk perjuangan bangsa Palestina dan energi untuk persatuan, intinya itu,” tegas Menlu.

Menurut Menlu, kontingen Palestina di Asian Games XVIII merasa di rumah sendiri. Ia menyebutkan, dukungan publik sangat tinggi terhadap delegasi Palestina. Dan jumlah delegasinya cukup banyak, lebih dari 80 atlet untuk 14 cabang olahraga.

“Jadi cukup siginifikan,” ucap Menlu.

Dukungan Dimanapun

Menlu Retno Marsudi menegaskan, dukungan Indonesia pada Palestina dilakukan dalam segala cara, dan dimanapun.

“Dukungan kita all the way. Dimanapun. Tadi presiden menyampaikan bahwa dukungan Indonesia tidak hanya berhenti pada dukungan politik,” tegas Menlu. (FID/OJI/ES)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close