Temui Warga Disabilitas, Calon Walikota Solo Gibran ‘Jokowi’ Makin Intens Blusukan

  • Whatsapp
Presiden Jokowi bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

INDOPOLITIKA.COM- Bakal calon Walikota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, makin intens bermanuver jelang Pilkada Serentak 2020.

Gibran Kamis (23/01/2020) lalu blusukan bersama keluarga disabilitas, di Aula Ndalem Daryonegaran Carikan, Pasar Kliwon Solo, Jawa Tengah.

Baca juga:

Kegiatan blusukannya kali itu menghadiri acara sarasehan keluarga besar disabilitas di Solo bertujuan untuk mendengarkan masukan dan kritikan terkait fasilitas umum untuk warga disabilitas.

Masukan tersebut, kata Gibran, antara lain soal pendidikan. Misalnya sekolah inklusi yang biayanya terlalu mahal, dan belum maksimal karena hanya label saja, serta masalah fasilitas umum yang perencanaan pembangunannya belum melibatkan disabilitas.

“Soal fasilitas umum disabilitas, nanti ke depannya perencanaan dan pembangunan harus melibatkan disabilitas agar bisa dinikmati semua golongan,” kata Gibran.

Gibran mengatakan warga disabilitas khusus tuna netra berharap adanya pelatihan kerja. Mereka ingin para disabilitas jangan dilihat kekurangannya, tetapi dari potensi kelebihannya. Mereka tidak minta dikasihani, tetapi mereka diberikan peluang dari potensi yang dimiliki.

Menyinggung soal Perda Kota Surakarta untuk disabilitas, kata Gibran, sudah baik, tetapi dalam perencanaan belum melibatkan warga disabilitas.

Gibran mengatakan Kota Solo sebenarnya sudah baik sekali soal pelayanan dan fasilitas untuk disabilitas, karena daerah ini, berawal dari Prof Dr. Soeharso, sehingga banyak masyarakat dari luar daerah di Indonesia yang melakukan terapi di kota ini.

“Namun, memang ada beberapa masukan yang harus ditingkatkan. Solo termasuk kota ramah disabilitas, tetapi perlu ditingkatkan lagi,” katanya.[sgh]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *