Internasional

Tentara Prancis Bantu Padamkan Kebakaran Hutan di Swedia

Asap dari kebakaran hutan di Karbole, Swedia, 15 Juli 2018. (Foto: AFP/TT/MATS ANDERSSON)

Stockholm: Puluhan tentara Prancis yang ahli di bidang kebakaran tiba di Swedia, Senin 23 Juli 2018 pagi waktu setempat, untuk mengatasi kebakaran yang dipicu gelombang panas ekstrem di negara tersebut.

Satu hari sebelumnya, petugas pemadam kebakaran Swedia berjuang melawan kurang lebih 50 titik api setelah kekeringan belum pernah terjadi sebelumnya melanda sejumlah wilayah. Temperatur udara di Swedia mencapai titik tertinggi dalam satu abad terakhir.

Tiga puluh prajurit Prancis dari unit Pertahanan Sipil mendarat di Stockholm, menurut laporan dari koresponden kantor berita AFP. Mereka akan dibantu tambahan 30 petugas lainnya dari Prancis yang datang hari ini.

Prancis telah mengirim dua pesawat buatan Kanada ke Swedia, setelah otoritas setempat meminta bantuan darurat dari Uni Eropa untuk memadamkan kebakaran. 

Sejauh ini, kebakaran di Swedia tidak menelan korban jiwa.

Negara-negara UE lainnya juga turut membantu memadamkan api di Swedia. Italia mengirim dua pesawat pemadam kebakaran dan Norwegia mengirim delapan helikopter. Jerman dan Polandia juga turut menanggapi permintaan bantuan.

Hujan belum mengguyur negara tersebut sejak Mei 2018. Rekor suhu tertinggi di atas 33 derajat celcius dilaporkan terjadi di Uppsala, sebuah kota di utara Stockholm.

Denmark, Norwegia Selatan dan Finlandia Utara juga dilanda cuaca panas ekstrem. Menurut prakiraan cuaca di Eropa, temperatur tinggi di beberapa negara belum akan turun dalam waktu dekat. (Khalisha Firsada)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close