Terciduk! Ternyata Ini Lho Motivasi Partai dan Relawan Mendukung Jokowi-Ma’ruf

  • Whatsapp
Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahuddin.

INDOPOLITIKA.COM- Direktur Sinergi masyarakat untuk demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahuddin menilai, Presiden Jokowi cukup piawai dalam mengungkap motivasi sesungguhnya dari dukungan yang diberikan parpol dan relawan pada Pemilu 2019 lalu.

Cukup dengan jalan mengangkat 12 wakil menteri (wamen) maka terungkaplah motivasi seungguhnya para relawan dan partai itu. Ternyata dukungan itu bukan tanpa syarat. Said acungi dua jempol untuk Presiden Jokowi dalam mengungkap tabir tersebut.

Baca Juga:

“Kalau dukungan politik itu murni tanpa syarat, mengapa harus aktif mengajukan 300 nama calon menteri kepada Presiden? Seharusnya mereka pasif saja, kalau Presiden minta, baru mengajukan nama,” ujar Said di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Langkah yang ditempuh Presiden Jokowi ‘mengobral’ 12 posisi wamen ternyata cespleng mengobati rasa kecewa dari 266 anggota partai dan relawan yang tidak kebagian posisi.

Dikatakan Said, memang tidak ada peraturan perundang-undangan yang membatasi jumlah wamen. Sepanjang Presiden siap menerima kritik dari masyarakat berapa pun jumlah wamen dibuat boleh saja. Bahkan kalau perlu dibentuk di seluruh kementerian tak soal.

“Karena Presiden berwenang membuat penilaian bahwa kementerian memiliki ‘beban kerja yang membutuhkan penanganan secara khusus’, dan hanya itu satu-satunya syarat pengangkatan wamen yang ditentukan dalam Undang-Undang Kementerian Negara,” katanya.

Said mengatakan, untuk menghindari tudingan Presiden sedang mengobral jabatan sebagai hadiah politik, maka Presiden bisa menjelaskan kepada masyarakat dengan membuat “job analysis” dan “job spesication” posisi wamen menggunakan ilmu “cocoklogi”. [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *