Terkait Ibukota Pindah, Gubernur Kaltim Akan Buat Pergub Cegah Makelar Tanah

  • Whatsapp
Gubernur Kaltim Isran Noor

INDOPOLITIKA – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berencana bikin payung hukum berupa peraturan gubernur ( Pergub) untuk mengunci kawasan Ibu Kota Negara. Payung hukum ini dimaksud untuk penataan kawasan khusus non-komersial di lokasi Ibu Kota Negara, guna mencegah adanya broker tanah.

“Iya, kami keluarkan Pergub untuk penataan kawasan khusus penataan Ibu Kota Negara,” ungkap Isran.

Baca Juga:

Hingga kini, Taman Hutan Raya Bukit Soeharto Kutai Kertanegara hampir dipastikan sebagai Ibu Kota Negara. Namun, lokasi persis belum ditentukan. Alasannya, menghindari para broker tanah yang mengkaveling tanah di sekitaran lokasi Ibu Kota Negara.

Dalam beberapa kesempatan, Isran hanya menyebut Kawasan Bukit Soeharto seluas 67,776 hektare ini akan jadi hutan penyangga Ibu Kota Negara. Artinya, penentuan lokasi Ibu Kota Negara tidak dalam kawasan Hutan Konservasi Bukti Soeharto, tapi di kawasan pinggiran.

Kemungkinan ada dua wilayah yang disasar yakni sisi timur Bukit Soeharto mengarah ke pantai di wilayah Samboja Kutai Kertanegara dan sisi barat mengarah ke Penajam Paser Utara (PPU). Untuk itu, dia akan membuat Pergub untuk mengunci kawasan jika nanti ditetapkan di Kaltim.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *