Terlalu, Bantuan Dana Desa Dipakai Untuk Modal Kawin

  • Whatsapp
Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti  

INDOPOLITIKA.COM- Hasil Investigasi Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri) menemukan dana desa yang diberikan oleh pemerintah digunakan untuk kepentingan pribadi.

Direktur Fasilitas Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri Benni Irawan mengatakan, ada beberapa modus dalam penggunaan dana desa itu. Kata dia, dana desa diperuntukan untuk membeli mobil bahkan sampai membiayai pesta pernikahan.

Berita Lainnya

“Penggunaannya macam-macam, ada yang dipakai untuk beli mobil, ada yang dipakai untuk nikah lagi,” katanya.

Beni mengatakan dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh Kemendagri, pihaknya tidak menemukan adanya desa fiktif atau desa siluman. Melainkan temuan tersebut merujuk kepada penyalahgunaan wewenang dalam pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh aparatur pemerintah di tingkat desa, kecamatan hingga propinsi.

“Macam-macam (penyalahgunaan dana desa yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan), di desa kecamatan, pendamping juga ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kemendagri bersama-sama dengan Pemerintahan Daerah (Pemda) melakukan upaya lanjutan untuk mencegah penggunaan dana desa yang tidak sesuai.

Sementara, untuk menindaklanjuti hasil temuan Kemendagri, Kemenkeu akan melakukan upaya pembekuan sementara penyaluran dana desa, hingga sampai hasil dari investigasi penyalahgunaan dana desa itu diselesaikan oleh Kemendagri.

Untuk diketahui, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti  mengatakan dalam kurun satu tahun ini, pemerintah sudah menggelontorkan sebanyak Rp 52 triliun dari total Rp 70 triliun ke 74.953 desa.

Kata dia, dana desa diberikan dalam tiga tahap yakni 20 persen yang disalurkan paling cepat pada Januari atau paling lambat minggu ketiga Juni. Kemudian tahap kedua sebesar 40 persen paling cepat disalurkan Maret atau paling lambat minggu keempat Juni dan tahap ketiga 40 persen paling cepat Juli dan paling lambat Desember.[pit]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *