Pemerintahan

Termasuk Lulusan SLTA, Kementerian Perhubungan Buka Lowongan 934 Formasi CPNS

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 46 Tahun 2018, Kementerian Perhubungan memberi kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan S2, S1, DV, D3, D2, dan SLTA/Sederajat untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2018.

Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian Perhubungan Tahun 2018, Djoko Sasono, dalam pengumumannya tertanggal 19 September 2018 menyebutkan, dalam rekrutmen kali ini Kementerian Perhubungan membuka lowongan untuk 934 formasi CPNS.

“Rinciannya 874 untuk formasi umum, 53 untuk lulusan terbaik (cumlaude), 1 untuk disabilitas, dan 7 untuk putra/putri Papua dan Papua Barat,” jelas Djoko.

Ke-874 lowongan itu terdiri atas puluhan jabatan untuk kualifikasi pendidikan SLTA/Sederajat, lulusan Diploma II (DII), III (DIII), dan V (DV); lulusan Strata Satu (S1) hingga lulusan Strata Dua (S2).

Selain itu juga ada persyaratan Tinggi Badan minimum 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk wanita. Sementara khusus untuk formasi jabatan Petugas Keamanan (AVSEC) syarat tinggi badan minimum 165 cm (laki-laki) dan 160 cm (wanita) dengan pengukuran berdiri di lapangan.

Adapun bidang studi pendidikan yang dibutuhkan sangat beragam mulai dari Ilmu Hukum, Statistik, Farmasi, Fisioterapi, Perawat Gigi, Komunikasi/Jurnalistik, Bahasa Inggris, Komputer, Transportasi Darat, Tehnik Sipil, Tehnik Lingkungan, Sistem Informasi, Administrasi Negara, Manajemen Transportasi Laut/Darat/Udara, Manajemen Operasi Pelabuhan, Nautika, LLAJ/LLASDP, Tehnik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan, Dokter Umum, Tehnik Perkapalan, dll.

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://sscn.bkn.go.id tanggal 26 September sampai 7 Oktober 2018,” bunyi pengumuman itu.

Adapun tahap seleksi yang dilakukan meliputi: 1. Seleksi Administrasi; 2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40%; 3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobor 60%, yang terdiri dari: a. Tes Soal Subtansi Jabatan dengan menggunakan CAT; b. Tes Kesehatan; dan c. Tes Fisik/Kesamaptaan.

Pelaksanaan seleksi selain dilakukan di Jakarta, juga di lakukan di kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Palembang, Banjarmasin, Jayapura, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Aceh.

Informasi mengenai penerimaan CPNS di Kementerian Perhubungan ini dapat dilihat di laman http://sscn.bkn.go.id dan https://cpns.dephub.go.id .

(Humas Kemenhub/ES)

 

 

 

 

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close