Terowongan Bandung Tuntas, Bandung Selatan Aman Dari Genangan

  • Whatsapp
Terowongan Nanjung

INDOPOLITIKA.COM Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya merampungkan pembangunan Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung. Terowongan itu disebut sebagai bagian dari sistem Pengendalian Banjir Sungai Citarum.

Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Terowongan Nanjung yang berada di kawasan Hulu Citarum di Curug Jompong, memperlancar aliran Sungai Citarum ke hilir. Sehingga lama dan luas genangan banjir di kawasan Bandung Selatan bisa berkurang. Hal itu terlihat saat puncak hujan yang mengguyur sebagian wilayah Provinsi Jawa Barat pada 17 Desember 2019.

Berita Lainnya

“Tadi kita lihat ternyata Terowongan Nanjung saat pintu air dibuka Sungai Citarum bisa kering,” katanya Rabu (15/1/2020).

Dia mengungkapkan, pihaknya telah menguji kemapuan terowongan itu. Caranya dengan menampung air hujan  hingga penuhi terowongan itu pada 17 Desember tahun lalu.

Terowongan ini lalu dibuka pukul 23.15 jelang tengah malam. Lima jam kemudian, air sudah surut. Jadi, kata di,  terowongan ini memang berfungsi sebagai salah satu pengendali banjir di Bandung Selatan.

“Target saya dengan Gubernur Jawa Barat, tahun 2020 ini pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Citarum Hulu selesai. Sehingga mulai tahun depan bisa fokus ke hilir seperti Karawang, Muara Gembong dan Cibeet,” tambahnya. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *