Terpidana KPK Fuad Amin Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Fuad Amin

INDOPOLITIKA.com – Mantan Bupati Bangkalan KH Fuad Amin Imron meninggal dunia, Senin (16/9/2019). Ia disebut menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 16.00 WIB di RSUD Soetomo, Surabaya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang bertakziah, mengungkapkan bahwa jenazah Fuad akan dimakamkan di Bangkalan, Selasa (17/9) sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga:

Mantan menteri sosial itu juga mengatakan dirinya, turut berbela sungkawa atas meninggalnya Fuad. Ia pun menaruh hormat pada Fuad.

“Beliau adalah cicit dari inisiator pendiri NU, Syaichona Kholil, Bangkalan. Beliau kategori inisiator NU pasti kita menghormati seluruh keluarga besar inisiator NU,” kata dia.

Tak hanya itu, secara pribadi, dirinya mengaku mengenal Fuad sudah sejak lama, dan seringkali menjalin komunikasi.

“Saya mengenal beliau cukup lama, termasuk mengenal ayahanda (Amin Imron) beliau dulu bersama-sama di DPR dan seterusnya. Kita sebetulnya punya komunikasi cukup lama,” kata dia.

Bahkan, kedekatan dengan keluarga Fuad itu, membuat Khofifah diangkat menjadi kakak angkat Latif. Ia menyebutkan komunikasi terakhirnya dilakukan 2 bulan lalu.

“Saya sampaikan bahwa pesannya Kiai Fuad, saya diminta menjadi kakak asuh membimbing. Tadi saya sampaikan Bupati Bangkalan. Terkahir dua bulan yang lalu, saya ditelepon dengan kalimat yang sama,” katanya.

Sementara Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, Surabaya mengatakan, meninggalnya Mantan Bupati Bangkalan, Fuad Amin Imron akibat serangan jantung.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Humas RSUD Dr Soetomo Dr Pesta Parulian. Ia menyebutkan Fuad sudah dirawat di Graha Amerta RSUD dr Soetomo sejak Sabtu (14/9) lalu.

“Benar dirawat di Graha Amerta sejak tanggal 14 September 2019 pukul 16.05. Dugaan serangan jantung,” kata Pesta saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (16/9).

Fuad Amin, eks Bupati Bangkalan, merupakan terpidana KPK dalam kasus suap terkait jual-beli gas alam di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dan pencucian uang. Dia awalnya menjalani masa hukuman penjara 13 tahun di Lapas Sukamiskin, tetapi dipindahkan ke Surabaya atas permintaan keluarga.

Menurut Wikipedia, ia adalah besan dari Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz. Fuad Amin lahir di Bangkalan, Madura, pada 1 September 1948.[ab]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *