Pemerintahan

Terpilih Menjadi PM Malaysia, Presiden Jokowi Beri Ucapan Selamat kepada Mahathir Mohamad

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri (PM) Malaysia terpilih, Mahathir Mohamad, melalui pembicaraan per telepon, Kamis (10/5) pukul 21.55 WIB.

“Saya mengucapkan selamat atas kemenangan Pekatan Harapan pada Pilihan Raya Umum ke-14 kemarin,” ucap Presiden Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin, Jumat (11/5) pagi.

Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia pada Rabu (9/5) lalu yang berjalan lanjar dan aman.

“Saya senang mendengar proses demokrasi berjalan lancar dan aman,” kata Kepala Negara.

Dalam percakapan tersebut, Presiden Jokowi meyakini hubungan kedua negara akan semakin baik.

“Sebagai negara serumpun saya percaya di bawah kepemimpinan Bapak Mahathir, hubungan antar kedua bangsa kita akan terus meningkat. Dan saya mendoakan Bapak Mahathir terus diberikan kesehatan untuk jalankan amanah rakyat Malaysia ini,” tutur Presiden Jokowi.

Mahathir Mohammad, resmi menjadi Perdana Menteri Malaysia setelah dilantik Yang di-Pertuan Agung XV Sultan Muhammad V, di Istana Negara, Damansara, Malaysia, Kamis (10/5) malam.

Dengan dilantiknya Mahathir, ia menjadi perdana menteri ketujuh Malaysia. Jabatan ini merupakan yang kedua kali bagi Mahathir setelah menjadi perdana menteri pada 1981-2003.

Sebelumnya Kelompok oposisi Pakatan Harapan yang dipimpin oleh Mahathir Mohamad meraih kemenangan telak atas aliansi Barisan Nasional pimpinan Najib Razak. Hasil resmi pemilihan umum menunjukkan Pakatan Harapan mendapatkan 113 dari 222 kursi di parlemen, sementara Barisan Nasional yang dipimpin Najib Razak hanya mampu menguasai 79 kursi.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close