Terungkap! 75% Warga Berpendidikan Tinggi Tolak Jokowi Nyapres Lagi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei nasional terkait wacana Jokowi kembali nyapres di Pilpres 2024. Hasilnya, 52,9 persen masyarakat menolak wacana itu.

Direktur Komunikasi SMRC, Ade Armando, kemudian merinci mayoritas masyarakat yang menolak Jokowi kembali nyapres di 2024. Terungkap mayoritas masyarakat berpendidikan tinggi menolak Jokowi kembali nyapres.

Berita Lainnya

“Sekitar 75 persen warga berpendidikan tinggi Perguruan Tinggi menolak pencalonan tersebut dan hanya 20 persen yang mendukung,” kata Ade dalam keterangannya via daring, Minggu (20/6/2021).

Namun Ade mengatakan, ada perbedaan pandangan antar kelompok latar belakang pendidikan, penghasilan dan agama berbeda dalam hal dukungan dan penolakan terhadap gagasan tersebut.

Jika melihat latar belakang pendidikan dari SD, hasilnya hanya 45 persen yang menolak Jokowi kembali nyapres di 2024.

“Dilihat dari tingkat penghasilan, terdapat 62 persen warga dengan penghasilan di atas Rp 2 juta rupiah per bulan yang menolak gagasan pencalonan kembali Jokowi. Sementara hanya 43 persen warga berpenghasilan di bawah Rp 1 juta rupiah per bulan yang juga menolak gagasan tersebut,” kata Ade.

Lebih lanjut, dalam kategori kelompok agama, Ade mengatakan di kalangan masyarakat beragama Islam sekitar 59 persen menolak pencalonan kembali Jokowi. Sementara yang mendukung hanya 35 persen.

“Sebaliknya di kalangan warga beragama non-Islam, 76 persen menyatakan mendukung pencalonan kembali Jokowi. Sementara yang menolak 13 persen,” tutur Ade.

Survei nasional SMRC tersebut dilakukan pada 21-28 Mei 2021. Penelitian melalui wawancara tatap muka ini melibatkan 1.072 responden yang dipilih melalui metode penarikan sampel random bertingkat (multistage random sampling). Margin of error penelitian ± 3.05 persen. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *