Tiga Alasan Pemindahan Novanto dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Suka Miskin

  • Whatsapp

Indopolitika.com – Setelah sebulan mendekam di Rutan Gunung Sindur, Setna Novanto kembali dipindahkan ke Lapas Sukamiskin Bandung. Pemindahan Novanti dilakukan berdasarkan surat keputusan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat.

“Ada surat keputusan dari Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat dipindahkan dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin. Yang mana surat keputusan tersebut ada beberapa pertimbangan,” ungkap Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Selasa (16/7/2019).

Pertimbangan yang dimaksud yaitu pertimbangan secara administratif dan substantif. “Yang bersangkutan (Novanto) menunjukkan perubahan perilaku yang baik selama di rutan. Perilaku baik ini dinilai dari asesmen oleh assessor yang berasal dari Bapas Bogor yang menyimpulkan satu keputusan bahwa yang bersangkutan bisa dipindahkan ke Lapas Sukamiskin,” terang Tejo.

“Pertimbangan terakhir yang bersangkutan menyatakan kesanggupan untuk tidak melakukan kesalahannya lagi. Dulu kesalahannya kan tidak ditempel pengawalan, besok-besok sudah berubah,” sambungnya.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Abdul Aris menjelaskan bahwa pemindahan Novanto dilakukan berdasarkan beberapa alasan yang salah satunya terkait dengan kesehatan Novanto.

“Indikator assessment dari Bapas Bogor pertama yang bersangkutan sudah berperilaku ke hal yang positif, lalu tingkatannya sudah medium kemudian mempertimbangkan faktor kesehatan dia. Itu tiga hal yang menjadi dasar untuk menempatkan dia kembali ke Sukamiskin,” ujar Abdul saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

Abdul menuturkan bahwa Novanto mengeluh kalau dirinya tidak bisa tidur selama di Rutan Gunung Sindur. “Itu kan super maksimum dan selama seminggu, dia ketakutan terus, seperti nggak bisa tidur, takut. Dia cerita ke petugas. Pemikiran dia saja kan kelompok dan komunitas beda,” pungkas Abdul.

Sebelumnya mantan Ketua Umum Golkar itu dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur Bogor lantaran tertangkap kamrea pelesiran ke took bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Namun Novanto dipindahkan kembali ke Lapas Sukamiskin sejak Minggu (14/7/2019) lalu. (pm/ind)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan