Tiga Gubernur Kompak Absen, Raker Soal Banjir Di Komisi V Batal

  • Whatsapp
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus

INDOPOLITIKA.COM – Komisi V DPR RI terpaksa membatalkan rapat kerja (Raker) bersama mitra terkait penanganan banjir. Pembatalan itu disebabkan absennya tiga gubernur. Yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Ketiganya kompak tak menghadiri rapat di DPR. Rapat itu hanya dihadiri Menteri PUPera Basuki Hadimuljono dan tim Basarnas dan Bupati Bogor. Sementara  Pemprov DKI mengutus deputi gubernur bidang lingkungan hidup.

Bacaan Lainnya

Usai ketuk palu pembatalan Raker, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyatakan, pada periode-periode sebelumnya, rapat kerja penanganan banjir selalu dihadiri tiga gubernur dari tiga provinsi berbeda. Tetapi kali ini justru sebaliknya.

“Tapi kali ini tidak satupun gubernur datang. Dan kami mengagendakan ini karena kami melihat perdebatan di ruang publik sudah terlalu ramai,” katanya didampingi Menteri PUPera didepan ruang rapat Komisi V Rabu (26/2/2020).

Dia mengungkapkan kekecewaannya. Kata dia, ketiga gubernur itu sudah diundang jauh-jauh hari. Komisi V, kata dia, ingin agar perdebatan di ruang publik  bisa diselesaikan di Komisi V. Sehingga bisa menemukan jalan keluar yang terbaik.

“Sebetulnya kami ingin dengar apakah (penanganan banjir) normalisasi atau naturalisasi. Tapi kami ingin dengar juga apa sih kerjanisasi yang sudah dilakukan,” katanya.

Menurut dia, sebetulnya masalah penanganan banjir di tiga wilayah itu sederhana. Hanya saja, koordinasi antara tiga pemerintah provinsi dengan Kementerian PUPera tidak berjalan baik. Akibatnya, penanganan banjir berjalan masing-masing.

“Ini masalah koordinasi saja. Ada kewenangan pemerintah pusat di wilayah pemerintah daerah. Pemerintah pusat tidak bisa serta merta bekerja tanpa bantuan pemerintah daerah,” katanya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *