Tiga Kemungkinan Paket Pemilihan Pimpinan MPR Merujuk UU MD3

Politisi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno (ist)
banner 468x60

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian Hendrawan Supratikno menyebut ada kemungkinan tiga opsi yang muncul dalam pembentukan paket pimpinan MPR.

“Dengan konstelasi yang ada di Senayan saat ini, 9 fraksi ada di DPR, maka sebenarya kalau kita mau buat pilihan ada tiga kemungkinan ada opsi,” ungkap Hendrawan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/7).

Opsi pertama, kata Hendrawan adalah aklamasi. Menurutnya hal itu dapat dilakukan apabila dalam pembahasan paket pimpinan MPR muncul seorang sosok yang dapat menjembatani seluruh kebutuhan setiap fraksi. Namun, sejumlah calon yang beredar membuat opsi aklamasi sulit dilakukan.

Kedua, munculnya tiga paket pimpinan MPR yang terbagi dari 9 fraksi yang ada. Dalam opsi ini, kata Hendrawan, terdiri dari tiga besar pemenang pemilu yakni PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar akan terpisah dan membentuk paket masing-masing. Nantinya pemilihan pimpinan akan melalui voting.

Opsi terakhir menurut anggota Komisi VI DPR RI itu merupakan pilihan yang kemungkinan besar dapat dipilih menjadi pimpinan MPR. Hendrawan menuturkan paket tengah yang terdiri dari PDI Perjuangan Golkar, dan Gerindra sebagai tiga partai suara terbesar merupakan paket dengan kekuatan yang besar.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan