INDOPOLITIKA.COM – KTT ASEAN atau ASEAN Leaders Meeting (ALM) akan digelar di Jakarta mulai besok, Sabtu (24/04/2021). Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir, namun ada 3 kepala negara yang absen.

Menlu Retno Marsudi mengatakan Presiden Jokowi telah menerima undangan dari Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah, selaku Ketua ASEAN. KTT ASEAN dimulai besok siang.

“ALM ini merupakan inisiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut pembicaraan Presiden RI dengan Sultan Brunei Darussalam,” kata Retno dalam jumpa pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/4/2021).

“Per saat ini, 3 pemimpin menyatakan tidak dapat hadir, yaitu Thailand, Laos, dan Filipina,” sambungnya.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, menurut Retno, telah menyampaikan permintaan maaf pada Presiden Joko Widodo melalui telepon hari Kamis (22/4) karena masih memusatkan perhatian pada penanganan pandemi virus corona sehingga tidak dapat menghadiri acara ini.

Juru Bicara Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Harry Roque, sudah memastikan ketidakhadiran Duterte karena persyaratan pertemuan tatap muka yang diharuskan dalam KTT itu. Namun, Filipina akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin.

Belum ada informasi soal mengapa Perdana Menteri Laos Phankham Viphavanh tidak menghadiri acara ini atau apakah akan mengirim perwakilannya.

Retno sendiri telah bertemu dengan Menlu Brunei Darussalam dan Malaysia kemarin. Dia juga menjadi tuan rumah working dinner dengan semua Menlu negara ASEAN. KTT ASEAN ini merupakan pertemuan tatap muka pertama para pemimpin ASEAN selama pandemi Corona.

“Kita tentunya berharap agar ALM besok akan mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah yang baik bagi rakyat Myanmar,” katanya.

“Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik merupakan refleksi kekhawatiran ASEAN terhadap situasi yang terjadi di Myanmar dan tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis ini,” tutup Retno. [fed]

 

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com