INDOPOLITIKA.COM – Real Madrid menjadi satu-satunya wakil Spanyol yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2022-2023.

Hal itu setelah tiga wakil lainnya, yakni Sevilla, Barcelona dan Atletico Madrid tersingkir di babak grup.

Real Madrid saat ini menempati juara Grup F dengan 10 poin dari lima pertandingan. Real Madrid tinggal berebut status juara grup di pertandingan terakhir dengan Borussia Dortmund yang mengoleksi 8 poin.

Sevilla tersingkir meski mampu mengalahkan Copenhagen 3-0 pada matchday kelima Liga Champions. Sevilla tersingkir karena di tempat berbeda Manchester City vs Borussia Dortmund berakhir imbang 0-0.

Sevilla cuma bisa mengunci posisi ketiga Grup G karena saat ini baru mengumpulkan lima poin, yang artinya hijrah ke Liga Europa.

Barcelona juga terlempar dari Liga Champions ke Liga Europa. Tim besutan Xavi Henandez itu memastikan diri duduk di posisi ketiga Grup C setelah Inter Milan mengalahkan Viktoria Plzen.

Selepas laga Inter, Barcelona tumbang 0-3 dari Bayern Munich. Di sisi lain, Blaugrana tetap tak bisa melaju jika mampu mengalahkan Die Roten.

Atletico Madrid menjadi tim Spanyol terakhir yang gagal secara tragis usai imbang 2-2 melawan Bayer Leverkusen. Los Colchoneros sebetulnya punya peluang untuk menang meski wasit sudah meniup peluit akhir.

Video Assistant Referee (VAR) mengecek potensi penalti akibat handball oleh pemain Leverkusen dan tendangan 12 pas diberikan! Atletico mendapatkan penalti.

Namun sial buat mereka, eksekusi Yannick Carrasco terbaca oleh Lukas Hradecky dan upaya Saul Niguez menyambar bola rebound cuma membentur mistar gawang, dengan sambaran ketiga dari pemain Atletico terhalau di depan garis gawang.

Ini menjadi sejarah baru di Liga Champions sejak babak 16 besar untuk kali pertama dipakai dengan sistem gugur pada 2003/2004. Spanyol cuma punya satu wakil pada fase 16 besar, yakni Real Madrid.[CHE]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com