INDOPOLITIKA.COM- Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) belum tentu akan memberikan tiket pencalonan Walikota Solo kepada putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, meski ia sudah mendaftarkan diri.

Politisi PDIP Maruarar Sirait menjelaskan, PDIP tak pernah mengistimewakan seseorang, termasuk Gibran yang tak lain putra presiden Jokowi. Hal itu sejalan dengan pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

“Jadi proses dan mekanisme harus dihormati, sudah banyak contohnya,” ujarnya dalam diskusi publik bertajuk ‘Jokowi Langgengkan Politik Dinasti’ di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019).

Mantan anggota parlemen itu juga memastikan bahwa Gibran dan calon lainnya yang mendaftar ke PDI-P, yakni Achmad Purnomo Putranto akan dipertimbangkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Beberapa pertimbangan yang bakal dilakukan DPP di antaranya soal integritas, ideologi, kompetensi, hingga rekam jejak. “Karena Solo basis yang sangat penting bagi PDI-P,” tegasnya.

Untuk itu, Maruarar menyatakan PDIP akan mempertimbangkan secara komprehensif dalam mendapatkan sosok terbaik yang bisa memenangkan kontestasi di kampung Presiden Jokowi tersebut.[sgh]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com