Internasional

Tim Penanganan Kemenlu RI Evakuasi WNA dari Gili

Sejumlah turis asing dievakuasi dari Gili, Lombok, 7 Agustus 2018. (Foto: Kemenlu RI)

Gili: Tim Penanganan Warga Negara Asing (WNA) Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Basarnas dan penduduk lokal Gili telah mengevakuasi lebih dari 360 orang di mana 90 persennya adalah WNA.

Jumlah WNA di ketiga Pulau di Gili adalah sekitar 2.000 orang dan lebih dari 1.800 orang WNA telah dievakuasi.

Lebih dari 70 permohonan bantuan WNA juga telah diterima selama dua hari ini, termasuk permohonan bantuan dari Kedutaan Besar Inggris, Prancis, Italia, Finlandia, Spanyol, Jepang, Ceko, Portugal, dan masih banyak lagi.

Seperti keterangan tertulis dari Kemenlu RI kepada Medcom.id, Selasa 7 Agustus 2018, nomor telepon bantuan Kemenlu juga menerima permohonan bantuan langsung dari para WNA dari berbagai negara, mayoritas Eropa.


Evakuasi WNA dari Gili. (Foto: Kemenlu RI)

Gempa mengguncang Lombok, NTB pukul 18.46 WIB, Minggu, 5 Agustus 2018. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 132 gempa susulan terhitung sejak gempa 7.0 SR hingga Senin pukul 08.00 WIB.

Beberapa gempa susulan pun masih terasa hingga dini hari tadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mencatat 98 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut.

Sejumlah negara juga telah menawarkan bantuan kepada Indonesia, seperti Malaysia dan Singapura. Bahkan, Menteri Luar Negeri Malaysia Saiffudin Abdullah langsung menelepon Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk menawarkan bantuan.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close