INDOPOLITIKA.COM – Kemenangan telak atas Swiss yang berakhir dengan skor 6-1 menjadi salah satu bukti Portugal lebih gacor tanpa Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022.

Sejumlah kalangan sempat meragukan keputusan pelatih Fernando Santos menyimpan Ronaldo di bangku cadangan saat melawan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Santos secara mengejutkan menurunkan Goncalo Ramos sejak menit awal. Namun, striker 21 tahun itu ternyata sukses menjawab kepercayaan sang pelatih lewat hattrick yang dilesakkannya.

Marca melaporkan, Ramos bukan satu-satunya pemain yang menonjol. Keseluruhan pemain Portugal tampil impresif dengan gaya permainan menyerang serta serangan balik terorganisir.

Kemenangan tersebut jadi bukti bahwa Portugal tak lagi bergantung kepada Ronaldo. Tempo permainan mereka menjadi lebih cepat dan tidak harus bermain dengan tempo lambat dan bertumpu kepada CR7.

Tanpa kehadiran sang megabintang, Portugal dinilai sukses mendominasi permainan dari awal hingga akhir. Tim Samba Eropa itu juga menemukan lebih banyak ruang untuk dieksploitasi melalui skenario serangan balik dan solid di lini belakang.

Portugal sendiri sudah unggul 5-1 sebelum Ronaldo masuk dari bangku cadangan pada menit ke-71. Tambahan satu gol Portugal juga dicetak Rafael Leao di masa injury time.

Selama 20 menit di lapangan, Ronaldo dianggap gagal memberikan kontribusi nyata meski sempat mencetak gol yang akhirnya dianulir karena tampak jelas berada di posisi offside.

Selanjutnya, Portugal akan menghadapi Maroko pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Sabtu (10/12) pukul 22.00 WIB.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com