Tingkatkan Akurasi Info Gempa, BMKG Bangun Shelter dan Jaringan Seismograf

  • Whatsapp
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati , saat meresmikan shelter seismografi di Bandung, kemarin. (foto; humas BMKG).

INDOPOLITIKA.COM- BMKG mengawali lompatan inovasinya dengan memasang sensor gempa sensor seismograf di Kecamatan Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat. Peresmian ini menandai dimulainya instalasi 194 seismograf di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, sensor seismograf tersebut untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi informasi peringatan dini gempa besar dan tsunami kepada masyarakat.

Baca Juga:

Dwikorita menjelaskan untuk wilayah Jawa Barat, pada tahun ini terpasang 22 seismograf yang tersebar di beberapa Kabupaten, salah satunya di Kabupaten Bandung, dengan kode sensor PBJI (Pasir Jambu Bandung Jawa Indonesia).

“Pembangunan shelter dan jaringan seismograf ini diperlukan untuk merapatkan jaringan guna meningkatkan performa kecepatan dan keakuratan informasi dan peringatan dini tsunami di BMKG,” kata Dwikorita, saat meresmikan shelter tersebut, melansir laman bmkg.go.id, kemarin.

Dwikorita menuturkan sejak tahun 2016, BMKG telah menyadari kondisi Indonesia yang semakin rawan bencana, tetapi kita tidak memiliki persenjataan yang canggih. Oleh karena itu, lanjut Dwikorita, kedepan pihaknya kami akan mencoba terus berusaha dan berupaya untuk menambah sebanyak 194 sensor yang akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Sehingga dengan semakin rapatnya jaringan sesnsor tersebut dapat meningkatkan akurasi dan ketepatan juga akurasi perhitungan magnitudo gempabumi,” ujar Dwikorita.

Dwikorita mengimbau dengan kehadiran seismograf ini diharapkan juga diimbangi dengan latihan rutin, sehingga membuat kita sebagai masyarakat sadar dan tangguh terhadap bencana. “Jangan mudah termakan oleh informasi yang tidak benar (hoax), percayakan informasi hanya dari BMKG, yang bisa dilihat secara langsung di aplikasi InfoBMKG, atau akun resmi BMKG di Instagram, Facebook dan Twitter,” imbuhnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *