Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru, Jokowi Ingin Membuat Kebun Bibit 100 Hektare

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meninjau kondisi geografis ibu kota baru di Kalimantan. Selain masih sangat asri, bukit-bukit pun menghadap ke teluk. Dan ke depan, dikawasan tersebut akan menjadi akses jalan tol ke kota-kota di sekitarnya.

Agar kawasan tersebut tetap asri, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menugaskan Menteri Kehutanan untuk membuat kebun bibit pada lahan kurang lebih 100 hektare.

Bacaan Lainnya

“Kawasan ini juga akan sangat hijau. Saya sudah perintahkan Menteri Kehutanan untuk membuat kebun bibit pada lahan kurang lebih 100 hektare. Dengan begitu, kawasan itu akan sangat hijau, penuh oksigen, tak ada polusi, dan tak ada limbah. Di dalamnya banyak orang berjalan kaki, naik sepeda, atau naik transportasi umum yang bebas emisi,” ujar Jokowi melalui unggahannya di Akun Facebook Presiden Joko Widodo, pada Rabu (18/12/2019).

Untuk itulah, Jokowi menegaskan, agar pemerintah segera membentuk Badan Otorita Ibu Kota paling lambat Januari 2020, lalu mengajukan revisi undang-undang terkait ibu kota kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Semua proses itu, termasuk gagasan besar desain, saya harap selesai dalam enam bulan. Barulah kemudian dilakukan land clearing dan pembangunan infrastruktur dasar,” ucapnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengatakan bahwa pembangunan gedung-gedung pemerintahan juga sudah bisa dimulai tahun depan.

“Saya targetkan selesai tahun 2023. Pembangunan klaster tersebut dilakukan paralel dengan pembangunan transportasi umum, air baku, dan instalasi listrik. Kira-kira begitulah gambaran besarnya,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *