Internasional

Tiongkok Desak Korut-AS Implementasikan Perjanjian Denuklirisasi

Utusan khusus Tiongkok Li Zhanshu menyerahkan surat Presiden Xi Jinping untuk Kim Jong-un. (Foto: AFP).

Pyongyang: Utusan Presiden Tiongkok, Li Zhanshu, mendesak Korea Utara (Korut) dan Amerika Serikat (AS) mengimplementasi perjanjian denuklirisasi yang disepakati di Singapura, Juni lalu.

"Kami sangat menghargai upaya yang telah dilakukan Korea Utara terhadap perdamaian dan stabilitas regional," ucap Li kala dia menghadiri perayaan ulang tahun ke-70 Korea Utara, dilansir dari laman Channel News Asia, Senin 10 September 2018.

Li menyampaikan harapannya semoga implementasi bisa segera dilakukan . Selain itu, Li juga menyerahkan surat yang ditandatangani Presiden Xi Jinping untuk Kim.

Dalam surat tersebut, Xi menulis Beijing ingin menjaga dan mengembangkan hubungan dengan Korut. "Adalah kebijakan yang tidak mengikat dari Partai Komunis Tiongkok dan pemerintah untuk menjaga, mengkonsolidasikan dan mengembangkan hubungan Tiongkok-Korut," kata Xi dalam surat tersebut.

Hubungan kedua negara ini telah melalui masa sulit dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, Negeri Tirai Bambu mendukung sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menghukum Korut atas kegiatan nuklirnya.

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un mencapai kesepakatan samar untuk berusaha mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun, Trump menuduh Beijing, sekutu besar Korut, menyulitkan hubungan Washington dan Pyongyang.

Namun, Tiongkok memuji Pyongyang yang tidak menunjukkan rudal antarbenua (ICBM) selama pawai pada akhir pekan kemarin. Ketidakhadiran senjata nuklir tersebut juga mendapat pujian dari Trump.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close