Internasional

Tiongkok Yakin Indonesia Mampu Bangkit dari Bencana

Petugas SAR berusaha mencari korban di reruntuhan bangunan di Palu, Sulteng, 30 September 2018. (Foto: AFP/BNPB)

Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan duka cita mendalam kepada Presiden Joko Widodo atas musibah gempa bumi dan tsunami di provinsi Sulawesi Tengah.

"Saya terkejut saat mengetahui ada gempa bumi dan tsunami di provinsi Sulteng, dan merasa sedih atas jatuhnya banyak korban jiwa," ungkap Presiden Xi dalam sebuah pesan kepada Presiden Jokowi, Minggu 30 September 2018.

Mewakili pemerintah dan warga Tiongkok serta atas nama pribadi, Presiden Xi juga menyampaikan simpati mendalam kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia.

"Indonesia adalah tetangga baik dari Tiongkok. Tiongkok turut berempati atas penderitaan masyarakat di tengah bencana ini, dan siap memberikan dukungan sesuai kebutuhan Indonesia," sebut Presiden Xi.

Presiden Xi meyakini di bawah kepemimpinan kuat Presiden Jokowi, Indonesia mampu bangkit dari bencana ini dan segera membangun kembali kehidupan normal seperti sedia kala.

Baca: BNPB: 71 WNA Terkena Dampak Gempa dan Tsunami Sulteng

Sejumlah negara tetangga juga telah menyampaikan ucapan duka cita. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong telah mengucapkan duka cita kepada Indonesia melalui sebuah surat untuk Presiden Jokowi.

Disebutkan bahwa Singapura siap memberikan bantuan apapun untuk meringankan beban masyarakat Indonesia.

Inggris, Korea Selatan, Afrika Selatan dan banyak negara lainnya juga telah menyampaikan ucapan serupa.

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat korban tewas akibat gempa dan tsunami di Sulteng mencapai 832 orang, dengan 540 lainnya mengalami luka berat.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close