Tito : Pemekaran Papua Tujuannya Untuk Pemerataan Pembangunan dan Keamanan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Rencana pemekaran Papua itu bertujuan untuk mempercepat pembangunan di bumi Cendrawasih. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pemekaran Papua ini adalah aspirasi masyarakat Papua yang menginginkan adanya pembangunan secara merata di Papua. Selain itu juga kata Tito, Mereka mengingikan wilayahnya itu aman dari kejahatan.

“Kemarin waktu kunjungan ke Papua kita melihat aspirasi masyarakat di situ, dan juga untuk mempercepat pembangunan di sana sekaligus menjaga situasi keamanan. Di antaranya yang didiskusikan aspirasi dari Papua Selatan, Papua Tengah, dan ada Papua Pegunungan Tengah,” kata Tito dalam keterangan resmi.

Baca Juga:

Tito menambahkan, pada saat melakukan kunjungannya kemarin di tanah Papua. Dirinya sempat melakukan komunikasi dengan Gubernur Papua. Gubernur Papua  menyetujui pemekaran dilakukan di wilayah yang meliputi Merauke, Asmat, Mapi, Boven Digul. Dipilihnya wilayah tersebut lantaran sudah memilliki lima kabupaten/kota. Itu adalah syarat utama untuk melakukan pemekaran.

“Di Papua itu ada tujuh suku besar di sana. Nah yang sudah bulat itu. Artinya di Papua Selatan sendiri meminta dan Pak Gubernur juga menyetujui,” katanya.

Meski sudah ada suara dari masyarakat Papua, pihaknya tidak mau gegabah untuk memutuskan terlalu cepat dalam proses pemekaran tersebut. Tito menegaskan akan ada pengkajian dan pertimbangan secara matang terlebih dahulu. Kalau misalkan memang baik untuk dilakukan pemekaran, kata dia, akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan anggaran.

“Nah ini yang kita lihat satu suara itu di Papua Selatan, sementara Papua Pegunungan Tengah silahkan didiskusikan dulu aspirasi dari bawah, kalau sudah cocok mungkin disepakati, kalau tidak cocok mungkin nanti dulu kita lakukan bertahap,” terangnya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *