TNI dan Polri Gelar Apel Pasukan Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden Dan Wapres

  • Whatsapp
Apel Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

INDOPOLITIKA.COM- TNI dan Polri menggelar apel pasukan pengamanan pengambilan sumpah dan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan ada sekitar 30 ribu pasukan personel yang dilibatkan. Kata dia, pasukan tersebut terdiri dari pasukan TNI dan Polisi.

“Mulai hari ini pasukan insert (dikerahkan) ke wilayah sesuai tanggung jawabnya. Tugasnya yakni Ring 1 jadi tanggung jawab Pasukan Pengamanan Presiden, Ring 2 jadi tanggung jawab TNI, dan Ring 3 jadi tanggung jawab jawab TNI dan Polri serta unsur lainnya, ” ucap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Monas.

Berita Lainnya

Hadi menambahkan, objek pengamanan pertama ialah presiden dan wakil presiden terpilih serta keluarganya, tamu luar negeri, kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khusus. Pengamanan mulai dari kedatangan, perjalanan dari dan menuju hotel, dilanjutkan ke gedung DPR/MPR.

Kemudian, sarana dan prasarana yang turut jadi objek pengamanan yaitu tempat-tempat yang digunakan oleh presiden, wakil presiden dan tamu negara. Lokasi lainnya yaitu gedung DPR/MPR, Istana Negara. Di lokasi itu dibuat perimeter.

“seperti pusat perekonomian seperti di wilayah Glodok dan Jembatan Tiga, Jakarta Barat. Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, PLN Unit Induk Pusat Pengaturan Beban (UIP2B) Gandul serta Pertamina turut diamankan personel” lanjut Hadi.

Hadi yakin aparat gabungan dapat melaksanakan tugas dan menghadapi situasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Komandan pasukan harus memastikan anggotanya, siapa berbuat apà, supaya tidak ada gangguan pelaksanaan tugas. Semua personel yang terlibat memelihara kewaspadaan situasi, cermati info yang masuk. Olah info tersebut dengan cermat agar tidak melewatkan info intelijen sekecil apapun,” ujar Hadi.

Sebelumnya, Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan dilakukan pada Minggu, (20/10), pukul 14.30 WIB, di Gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Soebroto, Senayan, Jakarta Pusat.(pit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *